Sabtu, 14 Januari 2017

Fokuslah pada Kelebihan yang kamu miliki

Mana yang harus di fokuskan kelemahan atau kelebihan ?

Suatu hari saya membaca buku yang menceritakan sebuah kisah. Kisah yang menurut saya harus diterapkan pada semua orang  mengenai bagaimana cara memotivasi anak dalam proses pengembangan kepribadian dan menjadi sukses. Cerita ini telah mengubah keyakinan dalam kehidupan saya dalam melakukan beberapa hal
Berikut ini kisahnya :
Seekor kelinci masuk sebuah sekolah, ia pun mengikuti tes kemampuan. Hasilnya kemampuan yang dimiliki kelinci hanyalah melompat. Ia tidak bisa berlari, berenang ataupun terbang. Tapi pihak  sekolah tidak mempedulikan kelebihan tersebut, justru ia fokus pada sisi kelemahannya yaitu berenang.
    Pihak sekolahpun mengharuskan agar kelinci berusaha sampai bisa berenang. Kemudian sekolah itu menerapkan pelajaran formal pada pagi hari, sementara siang harinya kelinci harus berlatih berenang selama 2 jam selama 1 tahun pelajaran. Tapi setelah satu tahun pihak sekolah mendapati si kelinci tidak ada kemajuan dalam hal berenang. Kemudian merekapun memutuskan untuk mengulang pada tahun berikutnya. Merekapun menambahkan jam pelajaran berenang untuk kelinci yaitu menjadi 3 jam perhari selama satu tahun penuh. Karena tidak kuat kelincipun menyerah dan memilih keluar dari sekolah. Kelinci merasa sedih, ia merenungkan nasibnya dan bertanya-tanya kenapa dia tidak bisa berenang. Kesedihan itu membuat seekor burung penasaran, kemudian ia menghampiri kelinci untuk mencari jawaban atas penasarannya. Kelinci tersebut menceritakan semua yang terjadi pada dirinya.
Mendengar kisah tersebut, burung itu tertawa dan berkata " Saya tidak pernah lihat kamu bolos sekolah, Andai saja engkau menghabiskan waktu satu tahun penuh selama dua jam sehari untuk mengembangkan kemampuan melompatmu, pasti sekarang kamu menjadi kelinci tercepat dan terhebat di hutan ini"

0 komentar:

Posting Komentar