Minggu, 27 Desember 2015

Rahasia Bahagia Sepanjang Hari






           Semua orang pasti menginginkan kebahagian dalam hidupnya.  Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kebahagian.  Orang yang miskin selalu beranggapan menjadi kaya akan menjadi lebih bahagia, semua yang tidak ada dalam dirinya bisa di beli dengan uang yang ia miliki maka yang dilakukan simiskin adalah kerja keras dan merasa dirinya tidak bahagia. sementara orang kaya yang berlimpahan harta tidak menemukan kebahagiaan karena tidak memiliki waktu yang cukup untuk merasakan kebahagian.  hidupnya dikelilingi kesibukan dan aktivitas yang padat, tidak memiliki cukup waktu untuk istirahat bahkan tidak ada waktu berkumpul bersama keluarga.
        
        Kebahagian adalah hak semua orang dan kita sudah diberikan pedoman untuk mendapatkan kebahagiaan itu. tinggal manusianya saja yang bisa atau tidak mengikuti peraturannya. kemudian apa dan bagaimana cara yang harus dilakukan agar kita bisa mencapai kebahagia sepanjang hari dalam kehidupan dunia ini? Yang harus dilakukan pertama adalah tersenyum, tersenyum untuk segala nikmat yang Allah berikan pada kita.  kalau anda belum sadar akan segala nikmat yang telah diberikan Allah pada anda coba buka Al quran dan baca surat Ar rohman yang ada di juz 27 disitu dijelaskan nikmat yang Allah berikan pada umatnya.  itu hanya salah satunya mungkin di surat lain banyak juga di jelaskan atas nikmat yang Allah berikan, hanya saja bagi saya surat Ar rohman adalah surat yang menyadarkan saya betapa selama bertahun-tahun saya melupakan siapa saya dan semua nikmat yang telah diberikan Allah pada saya.
        
         Setelah anda bisa tersenyum atas segala nikmat yang telah diberikan Allah maka kunci ketiga adalah belajar Sabar.  terkadang banyak orang bilang sabar juga ada batasnya, sayapun demikan setuju dengan kata-kata itu.  tapi pernahkah kita berfikir bukan sabar yang ada batasnya tapi kitalah yang terkadang membatasi sampai mana kemampuan sabar kita. pembahasan sabar akan kita bahas lebih detail di tulisan saya yang lain. 

       Setelah kita membuka kunci kebahagian. barulah kita memulai bagaimana cara merasakan kebahagian yang sering kita dambakan. mungkin ini adalah hal yang sepele dan terkadang anda ragu untuk melakukannya. tapi memang inilah peraturannya, jika anda ingin diterima kerja disuatu perusahaan A pasti anda akan melakukan apapun sesuai dengan peraturannya agar anda mendapatkan pekerjaan tersebut. sama seperti mendapatkan kebahagian sepanjang hari yang harus anda lakukan adalah pertama adalah sholat.  
     
      kita pasti sering mendengar atau setidaknya bagi anda yang tidak sering mendengar pastinya pernah mendengar kalimat ini pada saat adzan berkumandang.
     
     " Hayya alash shalat, hayya alal falah." yang Artinya, " Mari dirikan sholat, mari menuju kemenangan."

        Apa anda pernah merasakan kemenangan dalam hidup anda? jika belum pernah cobalah untuk datang kepadanya ketika Allah memanggilmu untuk menemuinya.  karena disitulah Anda merasakan kemenangan sesungguhnya.  perlu di ingat pada saat Allah memanggil Anda jangan pernah menemuinya karena orang lain atau hanya sebatas formalitas saja.  temui Allah karena keinginan dari hati, menemuinya karena memang itu kewajiban bukan paksaan maka andapun akan mendapatkan Hak anda ya itu Kebahagian. 

      Kedua untuk mendapatkan kebahagian sepanjang hari, anda harus meluangkan waktu untuk membaca Al-quran.  kenapa membaca AL-quran? karena itulah yang saat ini saya lakukan, awalnya saya tidak percaya dan bertahun-tahun membaca Al-quran tidak ada pengaruhnya bagi hidup saya. tapi setelah saya merenung dan sering mendengarkan vidio youtube surat-surat pilihan yang direkomendasikan sahabat saya seperti Yasin, Al-mulk, AL-waqiah dan Ar rohman saya jadi ingin tahu apa artinya surat yang saya baca. dari situlah saya mengerti dan saya selalu merasa tersenyum ketika membacanya sekali lagi itu karena saya tahu artinya dan memikirkan apa makna dan maksudnya.
    
       Al-quran bukan hanya sekedar bacaan, tapi juga obat untuk menenangkan hati dan pikiran yang galau tapi tentu saja kalau anda percaya obat itu akan menyembuhkan penyakit anda. selama anda tidak percaya, tidak yakin dan tidak mau menerima obat itu sesuka hatimu di jamin tidak ada pengaruhnya. yang jelas di coba dulu pasti efeknya sangat mujarab setidaknya kalau tidak mau membaca dengarkan aja lantunan ayatnya :).  seperti firman Allah dibawah ini:

     " (Allah-lah) yang menciptakan kematian dan kehidupan supaya dia menguji kalian, siapa di antara kalian yang paling baik amalnya Dia maha Perkasa lagi Maha Pengampun." (QS. Al-Mulk (68
) :2)
  
    Dan yang terakhir adalah Sedekah.  pasti anda sudah sering mendengar kata ini bahkan mungkin sudah bosan. atau anda malah bilang " ealah sedekah lagi...sedekah lagi....". tapi ini adalah aturannya kalau memang anda tidak menginginka kebahagian tidak usah dihiraukan. tapi kalau memang anda menginginkannya silahkan dilaksanakan. 
    
     Sedekah bukan hanya sekedar kita memberikan sebagian harta atau apa yang kita punya kepada orang yang tidak mampu.  tapi sedekah adalah keharusan yang harus dilakukan ketika kita tidak bisa menemukan kebahagian.  bersedekalah sesuai kemampuan kita dan jangan memaksakan diri.  sedekahlah karena kita menginginkannya bukan karena paksaan. dan sedekahlan pada orang-orang yang benar-benar membutuhkan. mulai dari keluarga, tetangga, teman, barulah orang-orang yang menurut anda membuthkan.

   Sekian tulisan ini saya buat, bukan untuk menggurui karena sayapun baru belajar. saya hanya berusaha sharing. jika tidak berkenan atau tidak sesuai mohon kritikan dan sarannya,  karena bagaimanapun manusia adalah tempatnya lupa, salah dan sok tahu... :)  dan ini sesui pengalaman saya....

mau lebih lengkapnya anda bisa buka

http://www.hidayatullah.com/kajian/gaya-hidup-muslim/read/2015/11/06/82828/3-langkah-bahagia-hidup-sepanjang-hari.html

http://www.sukmahadi.com/
NB : Saya hanya manusia kecil yang takut akan Allah dan saya baru menyadari semua ini karena saya lupa siapa saya dan siapa Allah. 
         

   


1 komentar:

  1. juaragoal info berita liga dunia paling update. jangan mau ketinggalan info tentang pemain dan club favorit kalian.
    berita semua liga internasional selalu kami update hanya untuk anda semua pecinta sepak bola. berita tentang laga pertandingan, profil pemain, prediksi, sampai bursa transfer tersedia di website kami.
    Baca semua berita terkini seputar sepak bola internasional gratis dan mudah.

    BalasHapus